Rabu, 06 Juni 2012

Hasil Akhir Kuisioner Online

Dari hasil data yang telah saya peroleh, saya mendapatkan 52 data yang sudah terkumpul. Dari data tersebut terdapat berbagai macam jawaban, saya membuat 2 pilihan dengan jawaban YES dan NO. Dimana pada halaman pertama saya membuat kata pengantar yang bertujuan untuk memberitahu apa maksud dan tujuan saya membuat kuisioner online ini. Di halaman kedua saya membuat data diri seperti Nama,Nim, dan Jenis kelamin. Dan dihalaman terakhir saya membuat pertanyaan, saya buat 5 pertanyaan yang harus diisi oleh teman-teman yang lainnya. Judul kuisioner yang saya ambil adalah “Pendidikan dan Teknologi”. Inilah hasil penjabaran akhir dari pertanyaan dan jawaban yang telah terkumpul datanya.
Pertanyaan pertama:
•    Apakah metode pembelajaran online lebih mudah dicerna daripada bertatapan muka langsung?
Kebanyakan teman-teman menjawab 50% yes dan 50% no. Karena belajar bertatapan muka lebih mudah untuk dicerna dan mudah diserap daripada belajar secara online. Kalau belajar online lebih susah karna kami tidak bisa bertanya langsung kepada dosen pengampuh mata kuliah tersebut.
      Pertanyaan kedua:
•    Apakah jaringan internet di fakultas sudah memenuhi standard?
70% lebih memilih jawaban no dan 30% memilih jawaban yes. Karna terkadang jaringan di fakultas lebih sering naik turun,tidak stabil sehingga terkadang meyulitkan ketika kami memakai jaringan wifi dikampus.

Pertanyaan ketiga:
•    Apakah internet dapat membantu mahasiswa dalam belajar?
Hampir 85% menjawab yes dan 15% menjawab no karna kebanyakan mahasiswa di zaman sekarang lebih memilih mengerjakan tugas atau mencari tugas dari internet. Karna di zaman sekarang internet sudah mencakup semuanya sehingga lebih memudahkan mahasiswa dalam mengerjakan tugas dalam bentuk apapun.

Pertanyaan keempat:
•    Apakah setiap dosen pengampuh mata kuliah menggunakan metode belajar online?
95% memilih yes dan 5% memilih jawaban no. Karena tidak semua dosen menggunakan sistem metode pembelajaran secara online. Hanya beberapa saja yang menggunakan sistem pembelajaran online. Dan mahasiswa lebih memilih belajar langsung tatap muka daripada dengan cara online seperti gtalk,blog dan lain sebagainya.

Pertanyaan kelima:
•    Apakah anda mengalami kesulitan dalam pembelajaran online?
60% menjawab yes dan 40% menjawab no. Karena dengan sistem pembelajaran online itu tidak segampang metode pembelajaran beratatapan muka secara langsung. Kalau belajar secara langsung kita lebih puas dalam hal bertanya maupun diskusi dengan dosen pengampuh mata kuliah tersebut. Sedangkan dengan metode online kita tidak puas bertanya kepada dosen  pegampuh tersebut.


Komentar:
Kuisioner online ini dapat mengajarkan saya banyak hal. Dan dengan adanya pembelajaran cara pembuatan kuisioner online ini lebih memudahkan saya dalam pengumpulan data, cara pembuatannya pun tidak terlalu rumit dibandingkan jika saya harus membuat dan menyebarkan angket. Dengan membuat kuisioner secara online data yang dikumpulkan lebih akurat karna hasil nya lebih terinci daripada harus menghitung hasil data jka saya menyebarkan angket itu akan memakan waktu yang lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar